Pendidikan dan Pelatihan Pembarong se Kecamatan Ponorogo

Ponorogo, Kamis 27 Agustus 2020. Ratusan Pembarong Muda Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembarong

Ratusan pembarong dari seluruh Kecamatan di Ponorogo mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembarong yang diadakan oleh Yayasan Reyog Ponorogo di Gedung Kesenian Kabupaten Ponorogo, Kamis (27/8/2020).

Latar belakang acara ini perlu diadakan karena disamping melestarikan kesenian reyog Ponorogo di kalangan anak muda, juga untuk memberikan wawasan seputar menari barongan sehingga memiliki seni dalam menghidupkan benda mati yaitu dadak merak.

“Membarong itu tidak hanya soal otot, tapi juga seni dalam menggerakkan dadak merak,” ungkapnya Shodig Pristiwanto, Ketua Panitia pendidikan dan pelatihan pembarong.

Disamping itu pendidikan dan pelatihan pembarong itu sangat jarang sekali disanggar-sanggar tari, oleh kerena itu kita mengadakan acara seperti ini selain juga ini merupakan salah satu program kerja dari yayasan reyog juga sebagai wadah kepada generasi muda untuk menjadi pembarong.

lanjut Shodig, Pendidikan dan Pelatihan pembarong ini mendatangkan 2 pemateri, yang satu pembarong yang menggunakan otot, dan pemateri yang memiliki solah atau ukel gaya joget. diharapkan dengan perpaduan dari kedua pemateri ini, nantinya akan muncul pembarong-pembarong muda yang berkualitas. Untuk pesertanya sendiri ada 119 orang yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan pembarong, dan akan berlangsung selama dua hari.

“Semoga nantinya setelah adanya pelatihan ini diharapkan bisa menelurkan pembarong-pembarong muda yang berkualitas,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.